JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Hermeneutika dalam Pemikiran Hassan Hanafi: Relevansinya dalam Konteks Sosial dan Politik Kontemporer di Era Globalisasi

Fauzan, M (Unknown)
Hidayat, Rio (Unknown)
Burhanuddin, Nunu (Unknown)
Okeh Hartono, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran mendasar pemikiran Hassan Hanafi dalam wacana intelektual Islam kontemporer, khususnya kontribusinya yang inovatif dalam bidang hermeneutika. Sebagai respons terhadap kompleksitas globalisasi, Hanafi mengajukan pendekatan dinamis, kontekstual, dan transformatif dalam menafsirkan teks-teks agama. Metodologi hermeneutikanya menawarkan respons kritis terhadap tantangan sosial-politik yang dihadapi dunia Islam modern, dengan mengusulkan penafsiran ulang teks-teks agama untuk menjawab isu-isu seperti pluralisme, radikalisasi, dan perubahan sosial. Dengan mendekonstruksi penafsiran tradisional yang statis, Hanafi menyajikan kerangka epistemologis yang memungkinkan pemahaman teks dalam konteks sosial, politik, dan budaya yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan untuk mengeksplorasi kontribusi filosofis dan metodologis Hanafi, menganalisis sumber-sumber primer dan sekunder guna memberikan pemahaman komprehensif mengenai pemikirannya, dimensi sosial-politiknya, serta relevansinya dalam menghadapi tantangan global kontemporer.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...