JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Kendala Yang Dihadapi Guru PAI: Analisis Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Islam

Hidayat, Rio (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam proses pembelajaran, khususnya di lembaga pendidikan Islam di wilayah Bukittinggi. Pendidikan Agama Islam merupakan sistem kependidikan yang mencakup seluruh aspek kehidupan, bertujuan membentuk siswa yang berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kecerdasan spiritual tinggi. Guru memiliki peran penting sebagai pendidik, pembimbing, dan fasilitator, namun dalam pelaksanaannya kerap menghadapi kendala internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memahami pengalaman dan tantangan guru secara mendalam. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi guru meliputi keterbatasan sarana pembelajaran, variasi kemampuan siswa, kurangnya penguasaan teknologi, serta kendala psikologis dan sosial. Penelitian ini juga mengidentifikasi solusi seperti perencanaan pembelajaran yang matang, pemilihan strategi dan metode yang tepat, serta pengelolaan kelas yang efektif. Dengan penguatan kompetensi guru dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, diharapkan proses pembelajaran PAI dapat berjalan optimal dan mencapai tujuan pendidikan secara holistik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...