JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Butir Soal Hots Pilihan Ganda pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jombang Menggunakan Aplikasi Anates

Damayanti, Fikha Aulia (Unknown)
Fauziah, Ababiel Nadylla (Unknown)
Hakim, Luqman (Unknown)
Pratiwi, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah menciptakan dunia tanpa batas, di mana komunikasi antar sesama menjadi lebih efisien. Jenis dan kriteria soal yang bermutu bisa diukur dari sejauh mana peserta didik menangkap pemahaman dan segala pengajaran yang tepat dan valid. Penelitian ini ingin menjawab pertanyaan mengenai tingkat keefektifitasan butir soal HOTS pilihan ganda dengan aplikasi yang bernama Anates X (sepuluh) SMK Negeri 1 Jombang yang terdiri dari 10 butir soal pada mata pelajaran Proses Bisnis di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Sebanyak 32 partisipan menjadi responden melalui penyebaran Google Formulir. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis data melalui aplikasi Anates, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil yang objektif, akurat, valid, dan terukur. Dari data yang diperoleh menunjukkan distribusi yang cukup seimbang, dengan 80% soal berada pada tingkat kesulitan sedang, 10% butir soal termasuk kategori mudah, dan 10% lainnya tergolong sulit. Untuk meningkatkan validitas instrumen, perlu dilakukan rombak dan penggantian terhadap 11,11% pertanyaan yang disebar memiliki daya beda tidak tinggi, dan 66.67% soal memiliki daya pembeda yang sudah efektif. Analisis efektivitas option pengecoh dari butir soal. Sebagian besar opsi pengecoh sudah berkinerja baik, tetapi terdapat pengecoh dengan kualitas rendah pada beberapa butir, seperti pada butir soal 2 dan 7 banyak pengecoh dinilai buruk sehingga kurang efektif dalam mengelabui peserta yang kurang kompeten. Koefisien Reliabilitas yang didapat adalah sebesar 0.40 tergolong rendah, Ini menunjukkan konsistensi tes masih kurang baik, sehingga perlu diperbaiki agar lebih dapat diandalkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...