JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan (Logo Gambar Merek) Produk Kacang Sihobuk Merupakan Indikasi Asal untuk Meningkatkan Kualitas Produk Berbasis Ekspor

Lumbantobing, Joy Novi Yanti (Unknown)
Tinambunan, Dewi Romantika (Unknown)
Sintania, Laras Sati (Unknown)
Andini, Salwa (Unknown)
Sembiring, Vanessa Uli (Unknown)
Siahaan, Parlaungan Gabriel (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penerapan logo gambar merek sebagai indikasi asal dapat mempengaruhi persepsi kualitas produk kacang Sihobuk di kalangan konsumen serta sejauh mana penerapan logo gambar merek berkontribusi pada peningkatan penjualan dan penetrasi pasar produk kacang Sihobuk di pasar global. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk untuk menganalisis penerapan logo atau gambar merek pada produk Kacang Sihobuk sebagai indikasi asal yang bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing produk di pasar ekspor. Produk Kacang Sihobuk yang berasal dari daerah Tarutung, Sumatera Utara, memiliki karakteristik dan cita rasa khas yang berpotensi untuk menembus pasar internasional. Namun, kurangnya identitas visual yang kuat sebagai penanda asal geografis menyebabkan rendahnya pengakuan dan nilai jual produk ini di tingkat global. Penelitian ini menggunakan metode hukum yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data mengenai persepsi masyarakat lokal, produsen, dan konsumen terkait dengan logo sebagai identitas produk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...