Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penerapan logo gambar merek sebagai indikasi asal dapat mempengaruhi persepsi kualitas produk kacang Sihobuk di kalangan konsumen serta sejauh mana penerapan logo gambar merek berkontribusi pada peningkatan penjualan dan penetrasi pasar produk kacang Sihobuk di pasar global. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk untuk menganalisis penerapan logo atau gambar merek pada produk Kacang Sihobuk sebagai indikasi asal yang bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing produk di pasar ekspor. Produk Kacang Sihobuk yang berasal dari daerah Tarutung, Sumatera Utara, memiliki karakteristik dan cita rasa khas yang berpotensi untuk menembus pasar internasional. Namun, kurangnya identitas visual yang kuat sebagai penanda asal geografis menyebabkan rendahnya pengakuan dan nilai jual produk ini di tingkat global. Penelitian ini menggunakan metode hukum yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data mengenai persepsi masyarakat lokal, produsen, dan konsumen terkait dengan logo sebagai identitas produk.
Copyrights © 2024