JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Sinergi Politik dan UMKM dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal di Gorontalo

Gintulangi, Sabriana O. (Unknown)
Hasim, Hasim (Unknown)
Abdullah, Nurhayati (Unknown)
Dai, Rahmawaty (Unknown)
Pakude, Kelpin (Unknown)
Akase6, Andres (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sinergi antara politik dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di Gorontalo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Wawancara dilakukan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pelaku UMKM, pejabat pemerintah, dan akademisi, untuk mendapatkan perspektif yang komprehensif. Analisis dokumen dilakukan terhadap kebijakan pemerintah daerah terkait pengembangan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi politik dan UMKM memainkan peran penting dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif. Kebijakan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program digitalisasi UMKM memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Namun, tantangan masih dihadapi, termasuk distribusi bantuan yang tidak merata, akses permodalan yang sulit, dan kurangnya pelatihan teknis bagi pelaku UMKM. Analisis tematik mengungkapkan perlunya peningkatan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis, seperti peningkatan akses permodalan, penguatan pelatihan, digitalisasi UMKM, dan pembangunan infrastruktur, untuk memperkuat sinergi antara politik dan UMKM di Gorontalo. Temuan ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...