JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Kristen Kalar-Kalar

Tuna, Usman (Unknown)
Soplera, Marthen L. (Unknown)
Sainyakit, Wilhelmina (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS kelas IV SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dalam mengembangkan ide baru yang akan digunakan oleh guru sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar, dalam penelitian ini digunakan sebuah tipe penelitian yaitu tipe penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 18 peserta didik, dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Yang berlokasi di SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan. Selanjutnya hasil penelitian ini yaitu dengan diterapkan pemanfataan lingkungan sekitar serkolah dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...