JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media WordWall pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Kelas IV SDN 060925 Medan Amplas

Zumarnis, Wan Azizah Azra (Unknown)
Siregar, Horia (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)
Siregar, Nurhafni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 060925 Medan Amplas . Tujuan penelitian ini adalah menerapkan media WordWall untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 060925 dan membuat siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa Kelas IV SDN 060925 Medan Amplas tercermin dari perubahan ketuntasan belajar. Pada siklus 1, ketuntasan belajar 62,73%, dan 82,20% pada siklus II, dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I tergolong kurang baik, sementara pada siklus II sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa tergolong tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...