JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pembinaan Profesionalisme Guru

Subandi, Subandi (Unknown)
Khaerunnisa, Neng (Unknown)
Rizki, Qowi Nur Iqwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Profesionalisme guru merupakan aspek penting yang memengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Guru yang memiliki profesionalisme tinggi akan mampu mengelola pembelajaran dengan baik, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan mengadaptasi berbagai perubahan dalam dunia pendidikan. Pembinaan profesionalisme guru adalah suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan pengetahuan guru melalui berbagai cara, seperti pelatihan, sertifikasi, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dalam konteks Indonesia, pembinaan profesionalisme guru telah menjadi fokus utama dalam kebijakan pendidikan nasional. Artikel ini membahas berbagai model pembinaan profesionalisme guru yang diterapkan di Indonesia serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas berbagai model pembinaan yang telah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan yang berkelanjutan, berbasis kompetensi, dan melibatkan teknologi informasi dalam proses pelatihan, sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Meskipun sudah ada berbagai program pembinaan profesionalisme guru, masih terdapat tantangan besar dalam hal rendahnya kesadaran guru untuk berpartisipasi aktif dalam pembinaan ini. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih intensif dan terstruktur untuk mendorong guru agar terus mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensinya dalam menghadapi tuntutan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...