JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pendidikan Manusia dalam Perspektif Ibnu Sina

Rahma, Haifa Auliya (Unknown)
Fadhilah, Annatasya Dwi (Unknown)
Istiqliana, Aisya (Unknown)
Hakim, Wildan Nasrun (Unknown)
Parhan, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Ibnu Sina melihat manusia sebagai entitas yang terdiri dari tubuh dan jiwa, di mana tubuh berperan sebagai instrumen bagi jiwa yang merupakan inti dari kehidupan manusia. Ia berpendapat bahwa jiwa dan tubuh saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Ibn Sina membagi jiwa manusia menjadi tiga tingkatan, yaitu jiwa nabati (pertumbuhan), jiwa haywani (indera), dan jiwa ‘aqli (akal). Jiwa manusia memiliki sifat kekal dan akan terus ada setelah tubuh meninggal, yang menggambarkan keterkaitan erat antara jiwa dan akal sebagai sumber pengetahuan dan tindakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...