Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kegiatan outing class dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) khususnya pada materi iklim dan cuaca di tingkat kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, kuesioner, dan observasi partisipatif selama kegiatan outing class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outing class memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep iklim dan cuaca. Melalui pengalaman langsung mengamati fenomena alam, siswa dapat membangun koneksi yang lebih kuat antara teori yang dipelajari di kelas dengan kondisi nyata di lapangan. Selain itu, outing class juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya, berdiskusi, dan mengaitkan pengetahuan yang telah diperoleh dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini mengindikasikan bahwa outing class tidak hanya meningkatkan pemahaman kognitif, tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada siswa.
Copyrights © 2024