JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Efektivitas Outing Class dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS tentang Iklim Cuaca di Kelas IV

Nadira, Dea Azka (Unknown)
Caniago, Ihdatul Wardah (Unknown)
Suryani, Ikhrawati (Unknown)
Khatulistiwa, Khatulistiwa (Unknown)
Siregar, Taufik Hidayat (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kegiatan outing class dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) khususnya pada materi iklim dan cuaca di tingkat kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, kuesioner, dan observasi partisipatif selama kegiatan outing class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outing class memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep iklim dan cuaca. Melalui pengalaman langsung mengamati fenomena alam, siswa dapat membangun koneksi yang lebih kuat antara teori yang dipelajari di kelas dengan kondisi nyata di lapangan. Selain itu, outing class juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya, berdiskusi, dan mengaitkan pengetahuan yang telah diperoleh dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini mengindikasikan bahwa outing class tidak hanya meningkatkan pemahaman kognitif, tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...