Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan aplikasi Anates dalam proses evaluasi butir soal berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada subjek yang berfokus pada elemen profil pekerjaan dan profesi serta peluang pekerjaan di lembaga akuntansi dan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan data dari tes siswa pada materi yang relevan. Nilai reliabilitas, kelompok asor dan unggul, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan pengecoh diukur dalam soal pilihan ganda yang dirancang sesuai dengan standar HOTS. Aplikasi Anates digunakan. Hasil analisis nilai reliabilitas menunjukkan bahwa soal tidak dapat diandalkan dan memiliki nilai 0,25. Untuk kelompok unggul dan asor, 4 siswa berada dalam kelompok unggul dan 4 siswa berada dalam kelompok asor. Hasil analisis daya pembeda menunjukkan 20% pengecoh efektif dan 80% pengecoh tidak efektif. Hasil analisis tingkat kesukaran menunjukkan 60% mudah dan 40% sedang. Hasil analisis korelasi skor dengan skor total menunjukkan 10% signifikan dan 90% tidak signifikan. Hasil analisis kualitas pengecoh menunjukkan 20% pengecoh efektif dan 80% pengecoh tidak efektif.
Copyrights © 2024