Iklim sekolah adalah hubungan yang terbentuk antara kepala seolah,guru, staf dan peserta didik yang mana akan membentuk rasa tanggungjawab yang di cerminkan oleh komitmen dan mengemban tugas yang di dukung oleh lingkungan sekitar. sedangkan motifasi kerja guru adalah dorongan internal atau eksternal yang mendorong guru untuk melakukan pekerjaanya dengan semangat komitmen dan berkomitmen. tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah ada hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMA Negeri sekecamatan Pasaman. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi denganpopulasi 111 guru dan sampel penelitian berjumlah 43, di tentukan dengan tehnik propotional stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah sklala likert dengan 5 alternatif jawaban, terdiri dari 43 pertanyaan dari iklim sekolah dan 34 pertanyaa dari motivasi kerja guru di uji dengan validitad dan reabilitas dibantu dengan SPSS.25. uji persyaratan dalam penelitian ini antara lain, uji normalitas, ujilinearitas,uji korelasi dan uji hipotesis. sedangkan tehnik analisis data dengan menggunakan rata-rata mean. rata-rata indikator iklim sekolah antara lain kekraban (4,31), dukungan (4,26) dan keterlibatan (4,25) dan lingkungan fisik (4,24) sementara untuk motivasi kerja guru rata-rata per indiktornya tanggung jawab (4,61),kegairahan (4,26), ketekunan (4,61) dan kemandirian (4,27).
Copyrights © 2024