JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Konten Biologi melalui Model Pembelajaran Reading, Questioning, And Answering di Kelas VI UPT SDN 066653 Medan Helvetia TA. 2024/2025

Dongoran, Jhonas (Unknown)
Nababan, Edwin Rejeki (Unknown)
Simangunsong, Anisa Angelina (Unknown)
Nurhalizah, Nurhalizah (Unknown)
Gajah, Anggita Tiurmenda (Unknown)
Siregar, Aswita Hannum (Unknown)
Hutapea, Deby Bonita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPAS konten Biologi dengan menggunakan model pembelajaran RQA (Reading, Questioning, Answering). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan tahapan planning (perencanaan), action(pelaksanaan), observation (observasi), dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 066653 Medan Helvetia dengan sampel sebanyak 25 siswa kelas VI. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Instrumen test. Prosedur analisis yang digunakan berupa data kuantitatif. Hasil penelitian ini siklus I yaitu dari nilai rata-rata awal yang hanya 0% menjadi 36% pada siklus I, diperoleh siswa tuntas 9 siswa dan 16 siswa siswa tidak tuntas sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan siswa yang awalnya hanya mencapai 44% menjadi 80% dengan 20 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas.Kalkulasi dari siklus I dan II diperoleh peningkatan literasi sains sebesar 44%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...