Pesantren adalah lembaga pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan dengan tujuan memberikan keseimbangan ilmu yang berguna di dunia maupun akhirat. Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana pesantren berkontribusi dalam pengembangan karakter dan moral individu di era modern dengan pendidikan yang diselenggarakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk memahami perspektif berbagai individu mengenai pendidikan di pesantren. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan santri, alumni, dan masyarakat umum untuk mendapatkan gambaran holistik tentang kontribusi pesantren. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formalitas semata, tetapi mengajarkan lebih banyak disiplin ilmu kehidupan yang menjadikannya sebagai miniatur kehidupan dengan mengedepankan karakter dan moral yang baik. Dan hal tersebut dapat menjadi penguat bagi kemajuan pendidikan di negara Indonesia.
Copyrights © 2025