JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Merdeka Belajar di Tengah Ketimpangan: Tantangan dan Harapan bagi Pendidikan Indonesia

Aulia, Diva Nazira (Unknown)
Fadilah, Annatasya Dwi (Unknown)
Syakura, Figlia Muthmainnah (Unknown)
Adiasta, Muhammad Akmal (Unknown)
Nurdin, Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Merdeka Belajar bertujuan memberikan kebebasan bagi siswa dan guru dalam belajar dan mengajar. Berlandaskan semangat Ki Hajar Dewantara, program ini mengutamakan pembelajaran berbasis proyek, materi esensial, dan fleksibilitas guru, dengan penerapan melalui tiga jalur: Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi. Kebijakan ini dirancang untuk menciptakan pendidikan yang inklusif, adaptif, dan relevan dengan kebutuhan era revolusi industri 4.0. Namun, ketimpangan pendidikan di Indonesia, terutama di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), menjadi hambatan besar. Keterbatasan infrastruktur, rendahnya kompetensi guru, minimnya fasilitas digital, dan distribusi guru yang tidak merata menghambat pelaksanaan program. Meski menghadapi berbagai tantangan, Merdeka Belajar membawa harapan besar dalam mengatasi disparitas pendidikan melalui pelatihan guru, penyediaan sarana digital, dan dukungan untuk sekolah di daerah terpencil. Dengan kolaborasi dari semua pihak, inisiatif ini diharapkan dapat menciptakan pendidikan yang lebih merata, berkualitas, dan mampu menjawab tantangan masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...