JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Azmi, Ibmelia (Unknown)
Marhadi, Hendri (Unknown)
Erlisnawati, Erlisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Prinsip pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar unik setiap siswa sangat diperhatikan dalam pendidikan inklusif. Kebutuhan dan hak asasi manusia harus dipenuhi melalui layanan pendidikan bagi peserta didik yang mempunyai keterbatasan fisik, emosional, mental, dan sosial, serta mereka yang memiliki kemampuan dan/atau potensi kecerdasan luar biasa. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pendidikan inklusif diterapkan dalam proses belajar mengajar siswa berkebutuhan khusus dan siswa tipikal pada kelas yang sama di SD Muhammadiyah 07 Terpadu Pekanbaru. Selain itu juga akan dilihat tantangan-tantangan yang dihadapi guru kelas ketika hendak menerapkan pendidikan inklusif di SD Muhammadiyah 07 Terpadu Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian lapangan dan metodologi kualitatif. Untuk penelitian ini, wawancara dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data. Tiga langkah terdiri dari pemeriksaan kualitatif data: reduksi, penyajian, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Muhammadiyah 07 Pekanbaru meliputi evaluasi dan monitoring serta kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Sebelum proses pembelajaran, ketika merencanakan kegiatan, guru mengumpulkan informasi tentang masing-masing siswa termasuk kelebihan dan kelemahannya. Informasi ini kemudian digunakan untuk menciptakan layanan pembelajaran individual bagi setiap siswa selama proses pembelajaran. Sepanjang tahap pelaksanaan, guru tetap melakukan proses pembelajaran dan menilai pembelajaran seperti biasa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...