Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas 10 butir soal mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran pada materi dokumen berbasis digital pada 15 siswa/i di kelas XII SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisis menggunakan perangkat lunak Anates 4.0 menunjukkan reliabilitas soal sebesar 0,49, mengindikasikan korelasi yang cukup. Sebanyak 60% butir soal memiliki daya beda yang baik (≥0,5), sedangkan sisanya perlu direvisi. Tingkat kesukaran soal berada pada kategori sedang (0,33-0,80). Validitas soal juga tergolong cukup (0,33-0,62). Namun, 62,5% pengecoh dalam soal dinilai kurang baik. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya perlu adanya perbaikan kualitas instrumen penilaian pada mata pelajaran tersebut, terutama pada aspek daya beda dan kualitas pengecoh, untuk meningkatkan akurasi dan reliabilitas penilaian.
Copyrights © 2025