JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Etika dan Integritas dalam Profesi Akuntansi: Analisis Dampak Pelatihan Anti-Korupsi terhadap Perilaku Profesional Akuntan di Indonesia

Anan, Malesa (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pelatihan anti-korupsi terhadap etika dan integritas profesi akuntansi di Indonesia, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelatihan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis literature review, yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari akuntan yang telah mengikuti pelatihan anti-korupsi di beberapa organisasi profesi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri database akademik seperti Scopus, Web of Science, dan Google Scholar. Kata kunci yang digunakan meliputi "pelatihan anti-korupsi," "etika akuntansi," "integritas profesional," dan "profesi akuntan." Seleksi literatur difokuskan pada publikasi dari tahun 2015 hingga 2024 untuk memastikan data yang digunakan relevan dan terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan anti-korupsi meningkatkan pemahaman etis dan komitmen profesional akuntan, khususnya melalui simulasi kasus nyata dan penyesuaian materi dengan nilai budaya lokal. Penggunaan teknologi dalam pelatihan juga terbukti efektif meningkatkan pembelajaran. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar organisasi profesi akuntansi mempertimbangkan penerapan pelatihan berbasis teknologi dan budaya lokal untuk meningkatkan integritas akuntan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan praktik pelatihan anti-korupsi yang lebih efektif di sektor akuntansi di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...