JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pembelajaran Keliling Bangun Datar dengan Pendekatan PMRI Berbantuan Roda Bantar Siswa SDN 1 Panjang

Safitri, Rheza (Unknown)
Izza, Khildatul (Unknown)
Zuliana, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran keliling bangun datar melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan roda bantar siswa SDN 1 Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Pendekatan PMRI diterapkan untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa kelas 5 SDN 1 Panjang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PMRI membantu siswa dalam memahami konsep keliling bangun datar. Selain itu, mayoritas siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran menggunakan PMRI, pendekatan ini mempermudah mereka dalam memahami materi. Oleh karena itu, pendekatan PMRI dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada topik keliling bangun datar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...