JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Regulasi Emosi Siswa terhadap Proses Pembelajaran di Kelas

Amanda, Dita Dea (Unknown)
P, Ine Muro’afah Harianto (Unknown)
Zainurrosid, Moh. Fais (Unknown)
Najwa, Nesfa Sa’batin (Unknown)
Prayitno, Nasywa Anandhita Putri (Unknown)
Naqiyah, Najlatun (Unknown)
Ratnasari, Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur regulasi emosi pada siswa dalam konteks proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei dengan mengumpulkan data dari responden melalui kuesioner dan wawancara yang terstruktur. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 34 siswa. Hasil dari observasi yang kami lakukan menunjukan bahwa para siswa dapat mengenali dan mengelola emosi dirinya ketika mereka dalam emosi yang baik mereka lebih aktif, tetapi ketika mereka dalam emosi yang buruk mereka susah untuk berkonsentrasi, mereka juga dapat memotivasi dirinya dan mampu mengenali emosi orang lain, tetapi dalam konsep Aspirasi beberapa anak mengalami permasalahan seperti kurangnya rasa percaya diri dalam kemampuan menguasai materi dan keyakinan saat ujian.Dalam konsep diri prestasi banyak siswa berpendapat bahwa prestasi merupakan salah satu mereka mencapai potensi terbaik mereka dalam pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa yang memiliki konsep diri positif dan kemampuan emosional yang baik cenderung lebih berhasil dalam proses belajarnya. Oleh karena itu, penting bagi tenaga pendidik dan orang tua untuk mendukung pengembangan konsep diri dan kecerdasan emosional siswa, agar mereka dapat mencapai potensi yang baik dalam proses belajar mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...