JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Model Kepemimpinan Transformasional Pada Visi Misi Pemimpin Perempuan di Pondok Pesantren Al-Isti’aanah

Sa’idah, Syaella (Unknown)
Auladina, Adinda Maula (Unknown)
Asy’ari, Hasyim (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kepemimpinan transformasional oleh pemimpin perempuan di Pondok Pesantren Al-Isti’aanah dalam mendukung pencapaian visi dan misi lembaga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin perempuan menerapkan elemen-elemen kepemimpinan transformasional, yaitu pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individu, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif berbasis nilai-nilai religius. Strategi yang diterapkan meliputi inovasi kurikulum, pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi, dan penguatan karakter moral santri. Kepemimpinan transformasional ini tidak hanya berhasil dalam mewujudkan visi dan misi pesantren tetapi juga menjadi model kepemimpinan yang relevan dengan tantangan pendidikan modern. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan kepemimpinan pendidikan, khususnya dalam konteks pesantren.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...