JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Chatbot Berbasis AI sebagai Asisten Guru di Sekolah Dasar

Fazriati, Virda (Unknown)
Syahid, Aah Ahmad (Unknown)
Julia, Julia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pro dan kontra terkait penggunaan chatbot berbasis AI. Dengan adanya perdebatan mengenai penggunaan chatbot berbasis AI, penggunaan chatbot berbasis AI khususnya di sekolah dasar patut untuk ditinjau lebih dalam. Alasan penelitian ini dilakukan ialah untuk mengetahui bagaimana penggunaan chatbot berbasis AI sebagai asisten bagi guru di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan ialah 13 guru dari SD Negeri Pasanggrahan I Sumedang dengan berdasarkan teknik purposive sampling, serta uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data sebanyak 61,5% guru di SD Negeri Pasanggrahan I Sumedang telah menggunakan chatbot berbasis AI sebagai asisten dalam membantu membuat perangkat pembelajaran, adanya chatbot berbasis AI ini memberikan potensi positif khusunya bagi guru-guru dalam membantu membuat perangkat pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...