JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Pengaruh Literasi Membaca terhadap Pemahaman Teks Pada Siswa Sekolah Dasar melalui Cerita Pendek

Anggraeni, Destika Tri (Unknown)
Ahmad, Arifin (Unknown)
Nuraeni, Lianna (Unknown)
Fadillah, Aulia Nur (Unknown)
Maemun, Annisa Aprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar melalui pendekatan cerita pendek. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas V SD di Bandung. Metode penelitian menggunakan teks cerita pendek berjudul Persahabatan Kancil dan Burung Pipit, diikuti dengan pemberian pertanyaan pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat pemahaman tinggi pada elemen dasar cerita seperti judul (100%) dan tokoh (90%), tetapi menunjukkan kelemahan pada aspek analitis seperti pesan moral (60%) dan pendapat pribadi (50%). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa literasi membaca siswa dapat ditingkatkan melalui latihan rutin, penggunaan cerita pendek yang relevan, serta penerapan strategi pembelajaran berbasis literasi. Cerita pendek dipilih karena sifatnya yang menarik, ringkas, dan sarat dengan nilai-nilai moral.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...