JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Simulasi Interaktif PMRI dengan Media Lintasan Perbandingan dalam Memahami Konsep Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Rohmah, Yunita Amilia Aini (Unknown)
Atikah, Nur (Unknown)
Zuliana, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman siswa mengenai konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menerapkan pendekatan PMRI menggunakan media lintasan perbandingan senilai dan berbalik untuk siswa kelas V1 SD. Media ini dirancang untuk memudahkan siswa memahami konsep perbandingan melalui aktivitas interaktif yang melibatkan visualisasi dan manipulasi data. Dengan media lintasan ini, siswa dapat melihat dan mengatur nilai-nilai dalam perbandingan senilai dan berbalik secara langsung, sehingga konsep matematika menjadi lebih mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai, seperti hubungan antara nilai yang berbanding lurus atau terbalik. Selain itu, media ini juga membantu melatih keterampilan berpikir logis, memecahkan masalah, dan meningkatkan keterlibatan siswa agar tercipta pembelajaran matematika secara aktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...