JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Strategi Kepemimpinan Pendidikan Global untuk Mewujudkan Keragaman dan Inklusi Budaya

Setrianti, Nemi (Unknown)
Lolita, Vevi (Unknown)
Suginem, Suginem (Unknown)
Martha, Alfroki (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Strategi kepemimpinan pendidikan global berperan penting dalam mewujudkan keragaman dan inklusi budaya di era globalisasi. Kepemimpinan yang efektif tidak hanya mengelola keberagaman, tetapi juga memanfaatkan nilai-nilai budaya lokal dan universal untuk menciptakan sistem pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan. Penelitian ini mengeksplorasi prinsip-prinsip dasar, strategi implementasi, dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan kepemimpinan berbasis budaya untuk mencapai inklusi dan keragaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menggabungkan studi literatur dan analisis kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi seperti pengembangan kurikulum multikultural, pelatihan lintas budaya, dan dialog antar komunitas efektif dalam mendukung kolaborasi dan pengelolaan keberagaman. Selain itu, integrasi nilai-nilai lokal dan universal menjadi kunci dalam membangun kebijakan pendidikan yang relevan secara lokal dan kompetitif secara global. Inovasi penting dalam strategi kepemimpinan untuk mengatasi tantangan seperti stereotip budaya dan resistensi terhadap perubahan. Dengan menerapkan strategi yang inklusif, pemimpin pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan mendukung partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...