JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Fase F di SMAN 3 Payakumbuh

Sadam, Muhammad (Unknown)
Candra, Deded (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh implementasi Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMAN 3 Payakumbuh. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi- experimental design) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest – Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan didapatkan hasil untuk Thitung yaitu sebesar 4,845 sedangkan untuk Ttabel sebesar 1,997. Kriteria pengujian Terima H0 jika -t tabel < t hitung < t tabel, maka pada pengujian ini Thitung > Ttebel dengan keputusan tolak H0, dengan kesimpulan akhirnya yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran geografi fase F di SMAN 3 Payakumbuh. Pengolahan uji Gain didapatkan hasil dimana pada kelas kontrol didapatkan nilai uji sebesar 59% dengan kategori sedang atau bisa dikatakan cukup efektif sementara untuk kelas eksperimen didapatkan nilai uji sebesar 77% dengan kategori tinggi atau sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...