JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Implementasi Nilai yang Terkandung dalam Sila Pertama Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa di Sanggar Bimbingan Sungai Mulia 5 Gombak

Asriyah, Ismatul (Unknown)
Sukitman, Tri (Unknown)
Kuswandi, Iwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam sila pancasila terutama pada sila pertama yang dapat memengaruhi karakter siswa di Sanggar Bimbingan Sungai Mulia 5 Gombak dan melakukan evaluasi terkait implementasi nilai-nilai tersebut dalam pembentukan karakter peserta didik di Sanggar tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data meliputi tahapan pengumpulan, reduksi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan adalah semua langkah dalam proses analisis data, yang diuraikan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan implementasi terkait dengan nilai sila pertama dalam pembentukan karakteristik siswa melibatkan berbagai penerapan nilai yakni nilai akidah, ibadah, dan akhlaknya. Selain itu, praktik nilai tersebut tercermin dalam kegiatan seperti membiasakan untuk berdoa, melaksanakan shalat tepat waktu dan berjema’ah, melaksanakan dzikir pagi, termasuk pembelajaran Al-Qur’an (agama islam), dan mengadopsi budaya 3S. (2) Mengevaluasi hasil penerapan nilai sila pertama dalam membentuk karakter siswa dilakukan melalui pembelajaran agama islam dengan memperhatikan tingkat keberhasilan atau kelancaran ibadah siswa meski dalam pelaksanaan tersebut terdapat kendala di dalamnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...