JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa : Studi Kasus Fenomenologi di SD Negeri 060908 Medan Denai

Sella, Febri Annisa (Unknown)
Khairani, Sufina (Unknown)
Syahrial, Syahrial (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Pendidikan karakter merupakan komponen penting dalam pembentukan kepribadian siswa. Ini sangat penting untuk membangun siswa yang memiliki nilai moral yang kuat dan unggul secara akademis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru berkontribusi pada pembentukan karakter siswa di SD Negeri 060908 Medan Denai. Penelitian ini berfokus pada strategi yang digunakan, masalah yang dihadapi, dan bagaimana hal-hal ini berdampak pada pertumbuhan siswa. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dan fenomenologi. Data dikumpulkan dari guru yang memiliki pengalaman dalam membentuk karakter siswa melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting dalam pendidikan karakter melalui strategi seperti keteladanan, memasukkan nilai-nilai dalam pembelajaran, membiasakan siswa untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan menerapkan reward dan hukuman yang mendidik. Namun, guru menghadapi sejumlah masalah. Ini termasuk siswa yang tidak memiliki dukungan orang tua, pengaruh lingkungan luar seperti media sosial dan pergaulan, keterbatasan waktu karena kurikulum yang padat, dan keanekaragaman karakter siswa, yang membutuhkan pendekatan yang lebih fleksibel. Hasil ini menunjukkan bahwa keberhasilan pendidikan karakter tidak hanya bergantung pada peran guru, tetapi juga pada kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Oleh karena itu, semua orang harus bekerja sama untuk membuat lingkungan pendidikan yang baik agar siswa menjadi orang yang kuat, jujur, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...