JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII MIPA MAN 4 Agam

Handani, Musfira Handani (Unknown)
Fitri, Haida (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah buat mengkaji efek penggunaan model pembelajaran kooperatif Pair Check terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas XII MIPA di MAN 4 Agam. Jenis penelitian ini adalah praeksperimental dengan menerapkan desain perbandingan statistik. Semua siswa kelas XII MIPA MAN 4 Agam dilibatkan dalam penelitian, di mana kelas XII MIPA1 berperan sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII MIPA2 sebagai kelompok kontrol. Pengujian awal dilakukan di MAN 1 Agam buat memperoleh data awal. Data dikumpulkan melalui tes yang dirancang buat mengevaluasi kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, diterapkan uji t pada data yang diperoleh dengan tingkat signifikansi 5%. Dari hasil analisis, diketahui bahwa nilai t_hitung sebesar 4,164, sementara t_tabel sebesar 4,170. Karena t_hitung lebih kecil dari t_tabel, dapat disimpulkan bahwa metode Pair Check tidak memberikan efek signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...