JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pongot Pada Acara Sinte Mungerje (Pernikahan) Masyarakat Gayo Lues

Safrijal, Safrijal (Unknown)
Yulianti, Fitriani (Unknown)
Zalmita, Novia (Unknown)
Furqan, M.Hafizul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Pongot merupakan ratapan seorang wanita yang bersiap nikah dengan pria dari urang (orang) yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk; (1) mengetahui prosesi pongot dalam acara pernikahan; (2) mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam syair pongot dalam acara sinte mungerje (pernikahan) dalam Masyarakata Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Populasi penelitian ini Masyarakat Kampung Panglima Linting yang dipilih secara acak untuk memberikan infromasi tentang pongot. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumetasi. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesi pongot dalam pernikahan Masyarakat Gayo Lues terdiri dari pongot man pasir, pongot berguru, pongot turun mah bai, pongot tok kurik, dan pongot mah beru. Nilai-nilai kearifan lokal dalam syair pongot diantaranya nilai agama, nilai sosial, nilai kesatuan, nilai janji, nilai berfikir positif, nilai bersyukur, nilai pendidikan, nilai kerja sama, dan nilai kesehatan. Dapat disimpulkan pongot memiliki makna yang sangat luas yang berisi amanah, nasihat, dan pelajaran hidup bagi seorang wanita yang bersiap untuk menikah. Saran peneliti pongot merupakan kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan karena banyak nilia-nilai yang disampaikan dalam menjalin hubungan rumah tangga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...