Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran kolaborasi antara tiga pilar pendidikan yakni sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membentuk nilai dan karakter peserta didik. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode narrative inquiry, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap guru, orang tua, dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antarpilar pendidikan mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, kedisiplinan, kepedulian sosial, gotong royong, dan keteladanan secara lebih efektif dan kontekstual. Kolaborasi ini bukan hanya strategi teknis, tetapi menjadi ruang pertemuan nilai dan tanggung jawab bersama dalam pendidikan karakter. Namun, tantangan seperti perbedaan nilai antara rumah dan sekolah, minimnya partisipasi orang tua, serta lingkungan sosial yang kurang mendukung menjadi hambatan dalam proses ini. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan komunikasi antarpilar, penyelarasan nilai pendidikan, serta kebijakan kolaboratif yang mendukung sinergi pendidikan karakter secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025