JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Marketing Mix 4P Pada UMKM Tahu Oji Sumedang

Putri, Aanisa Syama Insani (Unknown)
Putri, Amalia Dwi (Unknown)
Dewi, Cici Komala (Unknown)
Komara, Achmad Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Marketing Mix 4P pada UMKM Tahu Oji Sumedang, produsen tahu kuning. Persaingan dari produk serupa, terutama dari luar daerah, menjadi tantangan dalam mempertahankan eksistensi pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta satu informan, yaitu pemilik usaha, yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tahu Oji memproduksi tahu putih dan tahu kuning berkualitas tinggi dengan cara tradisional (Product). Penetapan harga disesuaikan dengan biaya produksi dan kondisi pasar (Price). Lokasi usaha yang strategis di pusat kota mendukung distribusi dan kualitas produk (Place). Promosi dilakukan langsung oleh pemilik dan melalui strategi dari mulut ke mulut yang membangun kepercayaan pelanggan (Promotion).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...