JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal Materi Kompak dan Bersatu Kelas IV SDN Dukuh Kupang 1/488 Surabaya

Nizar, Ahmad Zainun (Unknown)
Bahtiar, Reza Syehma (Unknown)
Kriswati, Kriswati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media ular tangga berbasis kearifan lokal di kelas IV materi kompak dan bersatu tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa instrumen tes akhir siklus. Teknis analisis data yakni analisis hasil belajar individual siswa dan hasil belajar klasikal keseluruhan kelas. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa materi kompak dan bersatu melalui media ular tangga, dibuktikan dengan skor hasil belajar klasikal siswa pada siklus I yaitu 66,7 dengan 28,6% yang tuntas dari keseluruhan siswa di kelas. Setelah perbaikan dilakukan siklus II, dimana skor hasil belajar klasikal siswa yaitu 82 dengan 71% dari keseluruhan siswa yang tuntas. Oleh karena itu dapat disimpulkan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi kompak dan bersatu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...