Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media ular tangga berbasis kearifan lokal di kelas IV materi kompak dan bersatu tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa instrumen tes akhir siklus. Teknis analisis data yakni analisis hasil belajar individual siswa dan hasil belajar klasikal keseluruhan kelas. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa materi kompak dan bersatu melalui media ular tangga, dibuktikan dengan skor hasil belajar klasikal siswa pada siklus I yaitu 66,7 dengan 28,6% yang tuntas dari keseluruhan siswa di kelas. Setelah perbaikan dilakukan siklus II, dimana skor hasil belajar klasikal siswa yaitu 82 dengan 71% dari keseluruhan siswa yang tuntas. Oleh karena itu dapat disimpulkan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi kompak dan bersatu.
Copyrights © 2025