Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep rotasi Bumi pada siswa kelas VI-C UPT SDN 064025 Medan melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) efektif dalam mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat pemahamannya, sedangkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan keterlibatan aktif, kreativitas, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 28% pada pra-siklus menjadi 68% pada siklus I, dan 88% pada siklus II. Temuan ini merekomendasikan integrasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Copyrights © 2025