JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Pemahaman Konsep Rotasi Bumi melalui Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VI UPT SDN 064025 Medan

Ramadhan, Nur Fidyati (Unknown)
Juliana, Juliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep rotasi Bumi pada siswa kelas VI-C UPT SDN 064025 Medan melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) efektif dalam mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat pemahamannya, sedangkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan keterlibatan aktif, kreativitas, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 28% pada pra-siklus menjadi 68% pada siklus I, dan 88% pada siklus II. Temuan ini merekomendasikan integrasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...