Pendidikan merupakan salah satu aspek kunci dalam pembangunan suatu negara dan perkembangan individu. pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya sebagai penerima informasi, tetapi juga sebagai partisipan aktif dalam pembelajaran mereka. pembelajaran aktif juga dapat mengatasi masalah umum dalam pembelajaran tradisional, seperti kebosanan, kurangnya keterlibatan siswa, dan kurangnya relevansi dalam konteks kehidupan nyata. Permasalahan ini yaitu kurang efektifnya pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang membuat siswanya kurang mendapatkan Prestasi dan juga dalam pembelajarannya membosankan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menerapakan metode pembelajaran aktif di kelas kepada guru dan siswanya supaya meningkatkan tingkat partisipasi siswanya. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini yaitu kualitatif dengan menjelaskan penerapan metode pembelajaran yang digunakan supaya lebih efektif. Hasil dari penelitian kali ini yaitu metode pembelajaran aktif ini setelah diterapkan kepada pembelajaran siswa menjadi lebih aktif dan menjadi lebih bisa mengungkapkan pendapatnya, selain itu juga Prestasi siswa dalam belajar menjadi lebih meningkat karena metode pembelajaran yang digunakan ini menjadi lebih menyenangkan.
Copyrights © 2025