JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Literatur: Peran Inovasi Metode Kolaboratif dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS

Fairuzi, Fairuzi (Unknown)
Mastoah, Imas (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi inovasi metode pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka, kajian ini memanfaatkan sumber-sumber ilmiah seperti jurnal, buku, dan artikel yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kolaboratif—seperti model Jigsaw, Think Pair Share, dan Numbered Heads Together—dapat menciptakan proses belajar yang lebih dinamis dan partisipatif. Strategi tersebut terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat rasa tanggung jawab kolektif, serta mendorong perkembangan keterampilan berpikir kritis. Kajian ini menekankan pentingnya kreativitas pendidik dalam mengadaptasi metode kolaboratif sesuai konteks pembelajaran guna mendorong partisipasi aktif siswa secara lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...