Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan menggambarkan kondisi di lapangan. Perencanaan pendidikan merupakan suatu kegiatan yang essensial dan penting bagi dunia pendidikan maka pendekatan ini lebih tepat digunakan. Lokasi penelitian dilaksanakan di 3 sekolah SMP N 19 Takengon, SMPN 27 Takengon, SMPN 38 Takengon. Perencanaan biaya pendidikan di satuan SMP melibatkan manajemen keuangan strategis untuk memastikan bahwa kebutuhan pendidikan terpenuhi secara efektif dan efisien. Proses ini termasuk mengidentifikasi sumber pendanaan, menghitung biaya operasional dan investasi, dan menyiapkan rencana anggaran. Sumber utama pendanaan sering kali mencakup anggaran pemerintah dan dana bantuan operasional sekolah, tetapi seringkali tidak mencukupi, sehingga memerlukan eksplorasi sumber pendanaan alternatif seperti kemitraan dengan lembaga swasta dan LSM. Manajemen keuangan yang efektif sangat penting untuk mengoptimalkan sumber daya yang terbatas dan memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana.
Copyrights © 2025