Pendidikan inklusi merupakan pendekatan yang memberikan kesempatan belajar yang setara bagi semua anak, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus, di dalam lingkungan sekolah reguler. Penelitian ini bertujuan membahas berbagai peran strategis orang tua dalam mendukung pendidikan inklusi, mulai dari memberikan dukungan emosional kepada anak, menjalin komunikasi aktif dengan pihak sekolah, menanamkan sikap positif terhadap perbedaan, hingga menjadi advokat bagi kebutuhan pendidikan anak. Selain itu, penelitian ini juga mengulas tantangan yang sering dihadapi orang tua, seperti keterbatasan informasi, stigma sosial, dan kurangnya akses terhadap layanan pendukung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan studi litetur. Peneliti mendapatkan data dari penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi serta pencatatan yang bersumber dari beberapa artikel penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa peran orang tua sangat penting dalam pendidikan inklusi, yaitu sebagai pendamping belajar di rumah, menjalin komunikasi aktif dengan pihak sekolah, serta memberikan motivasi dan menanamkan nilai inklusif. Dukungan ini meningkatkan kepercayaan diri dan kenyamanan anak berkebutuhan khusus di lingkungan sekolah inklusi, sehingga proses pendidikan berjalan lebih optimal.
Copyrights © 2025