JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Couple Card di Kelas IV SD Negeri 15 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Agustina Sari, Yola (Unknown)
Hamimah, Hamimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik serta proses pembelajaran yang belum mengacu pada Modul Ajar, masih berpusat pada guru, dan minim penggunaan media interaktif serta model pembelajaran inovatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match berbantuan media Couple Card di kelas IV SD Negeri 15 Lubuk Alung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan 28 peserta didik kelas IV. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: Modul Ajar (siklus I = 89,28%, siklus II = 96,42%), pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan peserta didik (masing-masing meningkat dari kategori Baik ke Sangat Baik), serta peningkatan rata-rata hasil belajar dari 76,55 (C) menjadi 93,34 (SB). Penilaian sikap menunjukkan pergeseran ke arah sikap yang lebih positif. Kesimpulannya, model Make A Match berbantuan Couple Card efektif meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...