JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Komparasi Fuzzy Logic Dan Matching Untuk Kesesuaian Lahan Permukiman Di Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung

Rohani, Rohani (Unknown)
Frananda, Hendry (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis kesesuaian lahan permukiman menggunakan metode fuzzy logic. (2) Menganalisis kesesuaian lahan permukiman menggunakan metode Matching. (3) Menganalisis perbandingan peta kesesuaian lahan permukiman metode fuzzy logic dan matching, serta evaluasi penggunaan lahan eksisting dan RTRW. Dalam analisis kesesuaian lahan permukiman menggunakan metode fuzzy logic dan Matching. Pengelompokan kesesuaian lahan pada fuzzy logic didasarkan pada variabel bahasa dengan fungsi keanggotaan dalam rentang 0 hingga 1. Sedangkan pada matching menilai kesesuaian lahan dengan membandingkan parameter lahan di suatu wilayah dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis kesesuaian lahan menggunakan perbandingan dua metode yaitu fuzzy logic memiliki nilai akurasi 87,9%, dan matching memiliki nilai akurasi 67%. Sehingga analisis lanjutan untuk evaluasi penggunaan lahan permukiman dan RTRW kawasan permukiman menggunakan perbandingan dengan hasil analisis kesesuaian lahan permukiman metode fuzzy logic. Analisis overlay peta kesesuaian lahan permukiman menggunakan metode fuzzy logic dengan peta penggunaan lahan permukiman eksisting di Kecamatan Tanjung Gadang masih terdapat 29 Ha (10,4%) masuk kelas kesesuaian lahan permukiman N. Analisis overlay peta kesesuaian lahan permukiman metode fuzzy logic dengan peta RTRW peruntukan kawasan permukiman di Kecamatan Tanjung Gadang, terdapat 53 Ha (22,6%) masuk kelas kesesuaian lahan permukiman N.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...