Nilai-nilai Pancasila masih cenderung dipahami secara teoritis dan belum menyatu dalam budaya kehidupan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara normatif bagaimana transformasi nilai Pancasila dapat diwujudkan menjadi bagian hidup dari lingkungan kampus secara sistematis dan berkelanjutan. Menggunakan pendekatan yuridis-normatif dengan metode studi pustaka, kajian ini mengidentifikasi bahwa pembelajaran nilai Pancasila di perguruan tinggi masih terbatas pada aspek kognitif dan belum menyentuh dimensi afektif maupun psikomotorik secara memadai. Penelitian ini merekomendasikan model transformasi nilai melalui integrasi kebijakan kelembagaan (kode etik dan tata kelola kampus), pembelajaran berbasis nilai (project-based, reflektif, problem solving), serta penguatan budaya organisasi melalui keteladanan dosen dan kegiatan sosial mahasiswa. Kendala utama yang ditemukan adalah ketiadaan roadmap pembinaan nilai di banyak perguruan tinggi serta belum tersedianya pedoman teknis dari Kemendikbudristek dan BPIP. Oleh karena itu, diperlukan regulasi teknis dan strategi kelembagaan agar nilai-nilai Pancasila tidak hanya menjadi dokumen normatif, tetapi benar-benar hidup dalam praktik akademik dan sosial kampus.
Copyrights © 2025