JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika

Halim, Mufidah (Unknown)
Thamrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Pendidikan membutuhkan inovasi media pembelajaran untuk meningkatkan mutu belajar. Di SMKN 1 Bukittinggi, media PowerPoint kurang menarik minat siswa. Penggunaan Articulate Storyline sebagai media interaktif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, minat, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika secara efektif dan menarik.Pembuatan media ini menggunakan pengembangan Research and Develpment (R&D) dengan menggunakan model 4D (Defined, Design, Develop dan Disseminate). Bergantung pada setiap tahap yang dilaksanakan dalam urutan tersebut, meskipun begitu fokus dari model ini adalah pada refleksi dan iterasi (pengulangan) model 4D bisa memberikan kemudahan pendidik dan instruktur pelatihan untuk merancang kurikulum jenis apapun, terlepas dari metode pembelajaran yang dipakai.Media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan media dengan hasil rata-rata 86,12% dan 95,7%, serta uji praktikalitas siswa sebesar 91,77%. Seluruh hasil berada pada rentang 81%–100% dan dikategorikan “Sangat Layak”, sehingga media dinilai relevan, berkualitas, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.Media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika memperoleh validasi ahli materi 86,12%, ahli media 95,7%, dan uji praktikalitas 91,77%. Seluruh hasil masuk kategori “Sangat Layak”, sehingga media ini dinyatakan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran kelas X.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...