Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan bahan ajar digital masih belum optimal dan bervariasi antar sekolah. Masih menggunakan buku cetak sebagai sumber utama dalam pembelajaran serta adanya kendala seperti keterbatasan fasilitas, kesiapan guru, dan rendahnya keterlibatan peserta didik. Meskipun telah terdapat upaya awal dalam mengintegrasikan teknologi, implementasi bahan ajar digital belum berjalan optimal. Sehingga diperlukan pembaharuan bahan ajar yang berintegrasi dengan perkembangan teknologi dan karakteristik peserta didik guna meningkatkan motivasi dan kualitas pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis flip builder pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Pengujian validitas menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut adalah valid dengan skor 92,5% untuk materi, 92,5% untuk media, dan 90% untuk bahasa. Pengujian praktikalitas menunjukkan bahwa bahan ajar sangat praktis, dengan skor 95,62% dari peserta didik dan 92,5% dari guru di sekolah percobaan (SDN 17 Batu Gadang), serta 97,5% dari guru dan 90,69% dari peserta didik di sekolah penerapan (SDN 12 Padang Besi). Pengujian efektivitas menunjukkan bahan ajar ini sangat efektif di sekolah percobaan dengan skor 83,33% (efektif) dan di sekolah penerapan dengan skor 94,44% (sangat efektif). Dengan demikian, bahan ajar tersebut telah terbukti valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025