Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara altruisme dan dukungan sosial dengan resiliensi pada guru PAUD di Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan melibatkan 108 responden. Instrumen yang digunakan terdiri dari tiga skala psikologis, yaitu skala resiliensi, altruisme, dan dukungan sosial yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara altruisme dengan resiliensi, dan antara dukungan sosial dengan resiliensi. Secara simultan, kedua variabel bebas tersebut berkontribusi sebesar 86,5% terhadap resiliensi guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa altruisme dan dukungan sosial merupakan dua faktor penting yang mendukung ketahanan psikologis guru PAUD dalam menghadapi tekanan kerja. Oleh karena itu, penguatan nilai-nilai altruistik dan dukungan lingkungan sosial menjadi krusial dalam menjaga profesionalisme guru.
Copyrights © 2025