JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Aplikasi Android ”MULXPLOR” (Multiplication Exploration) untuk Pembelajaran Perkalian Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Bani, Zipora Rahchelia (Unknown)
Isrok’atun, Isrok’atun (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan karakteristik siswa mendorong dikembangkannya aplikasi “MULXPLOR” (Multiplication Exploration) berbasis Android untuk membantu siswa kelas IV SD memahami konsep perkalian secara menyenangkan. Pengembangan ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dengan kerangka model ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Aplikasi dikembangkan menggunakan Smart Apps Creator 3 dan divalidasi oleh ahli media (92,57%), ahli materi (100%), dan ahli bahasa (98,34%) dengan kategori “Sangat Layak”. Uji coba terbatas menghasilkan respons siswa sebesar 87,57%, sedangkan uji coba luas menunjukkan rata-rata N-gain sebesar 0,52 (kategori sedang). Respons siswa dan guru terhadap aplikasi juga cukup tinggi, masing-masing 83,05% dan 95,71%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi “MULXPLOR” layak, praktis, dan cukup efektif sebagai media pembelajaran, dengan tetap mempertimbangkan keterbatasan waktu penggunaan, serta fokus dan minat siswa agar penggunaannya lebih optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...