Keterbatasan media pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan karakteristik siswa mendorong dikembangkannya aplikasi “MULXPLOR” (Multiplication Exploration) berbasis Android untuk membantu siswa kelas IV SD memahami konsep perkalian secara menyenangkan. Pengembangan ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dengan kerangka model ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Aplikasi dikembangkan menggunakan Smart Apps Creator 3 dan divalidasi oleh ahli media (92,57%), ahli materi (100%), dan ahli bahasa (98,34%) dengan kategori “Sangat Layak”. Uji coba terbatas menghasilkan respons siswa sebesar 87,57%, sedangkan uji coba luas menunjukkan rata-rata N-gain sebesar 0,52 (kategori sedang). Respons siswa dan guru terhadap aplikasi juga cukup tinggi, masing-masing 83,05% dan 95,71%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi “MULXPLOR” layak, praktis, dan cukup efektif sebagai media pembelajaran, dengan tetap mempertimbangkan keterbatasan waktu penggunaan, serta fokus dan minat siswa agar penggunaannya lebih optimal.
Copyrights © 2025