JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Aplikasi MAMAMUL untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Perkalian Siswa SD

Rahmalia, Ega (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai konsep perkalian, khususnya pada penyelesaian soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi MAMAMUL sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Aplikasi MAMAMUL dirancang dengan fitur pembelajaran interaktif dan diuji kelayakannya oleh ahli serta diimplementasikan pada siswa kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi tersebut terbukti mampu memberikan dampak positif dalam pembelajaran meningkatkan hasil belajar siswa, dengan peningkatan skor pretest ke posttest yang signifikan dan skor N-Gain sebesar 62,4%. Respons siswa dan guru terhadap aplikasi juga sangat positif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi MAMAMUL layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi perkalian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...