Pecahan sering dianggap sulit oleh siswa karena membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam. Penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi FracEdu sebagai media pembelajaran interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi pecahan di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima langkah utama: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, serta pelaksanaan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode kuantitatif deskriptif dan metode analisis statistik inferensial Hasil validasi aplikasi FracEdu pada penelitian ini, yaitu dari ahli media (97,5%), ahli materi (100%), dan ahli bahasa (97,9%) dengan akumulasi kriteria “Sangat Layak”. Temuan utama penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman matematis siswa pada materi pecahan. Hasil ini membuktikan aplikasi FracEdu adalah media pembelajaran yang dapat digunakan di sekolah dasar untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa dalam materi pecahan kelas IV.
Copyrights © 2025