JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Enhancing Students’ Speaking Skills by Using Questioning Techniques

Alqadri, Munadiyah (Unknown)
Bunau, Eusabinus (Unknown)
Sumarni, Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Keterampilan berbicara sering diprioritaskan dalam proses pembelajaran bahasa asing, karena komunikasi yang efektif dalam bahasa target adalah tujuan utamanya. Namun, siswa EFL sering menghadapi tantangan dalam berbicara, termasuk kurangnya kepercayaan diri, kesalahan pengucapan, gagap, dan penggunaan tata bahasa yang salah. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan Teknik Bertanya, yang menekankan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa EFL dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka, dengan fokus pada materi teks recount yang berkaitan dengan pengalaman selama Hari Kemerdekaan Indonesia. Para siswa membuat pertanyaan terbuka dan tertutup tentang topik kompetisi Panjat Pinang, yang mencakup kegiatan seperti balap karung, kompetisi makan kerupuk, tarik tambang, dan balap tandem. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan 34 siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan tes lisan untuk menilai dampak Teknik Bertanya terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan dua pertemuan. Nilai rata-rata siswa pada siklus pertama adalah 61,62, yang meningkat menjadi 75,15 pada siklus kedua. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa teknik bertanya membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...