JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektifitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Experiental Learning untuk Mengembangkan Self-Awareness Pada Siswa SMP

Fajarwati, Putri (Unknown)
Laila, Feida Noor (Unknown)
Nugraha, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Pengembangan self-awareness pada siswa SMP sangat penting untuk mendukung kemampuan adaptasi dan pembentukan karakter yang sehat. Namun, efektivitas bimbingan kelompok berbasis experiential learning dalam meningkatkan self-awareness masih perlu diuji lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh intervensi bimbingan kelompok experiential learning terhadap peningkatan self-awareness siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 64 siswa kelas VII dan VIII yang dipilih menggunakan simple random sampling dan rumus Yamane dengan margin kesalahan 10%. Data dikumpulkan melalui angket self-awareness yang valid dan reliabel, kemudian dianalisis dengan uji independent t-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol (p = 0,001). Temuan ini mengindikasikan bahwa bimbingan kelompok berbasis experiential learning efektif dalam meningkatkan kesadaran diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode tersebut dalam program bimbingan konseling di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...