Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan life skill siswa dalam pembelajaran membatik melalui media video tutorial di kelas XI KBT 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Padang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mengikuti model Kemmis & McTaggart, yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas XI KBT 1. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dokumentasi, dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan uji hipotesis menggunakan paired samples T-test untuk membandingkan hasil belajar antara siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video tutorial secara signifikan meningkatkan keterampilan life skill dan hasil belajar siswa. Peningkatan terlihat dari ketuntasan belajar yang awalnya 30% pada prasiklus menjadi 80% pada siklus I, dan mencapai 90% pada siklus II. Kesimpulannya, penggunaan media video tutorial dalam pembelajaran membatik efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, serta dapat dijadikan alternatif dalam perbaikan proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2025